Memahami Model OSI

Open System Interconnection (OSI) Reference Model

The Open System Interconnection (OSI) model referensi menggambarkan bagaimana informasi dari aplikasi perangkat lunak dalam satu komputer bergerak melalui media jaringan ke aplikasi perangkat lunak di komputer lain. Model OSI referensi adalah model konseptual yang terdiri dari tujuh lapisan, masing-masing fungsi menentukan jaringan tertentu. Model ini dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) pada tahun 1984, dan saya t sekarang dianggap sebagai model arsitektur utama untuk komunikasi intercomputer. Model OSI membagi tugas terlibat dengan memindahkan informasi antara jaringan komputer ke tujuh lebih kecil, kelompok tugas lebih mudah dikelola. Sebuah tugas atau kelompok tugas ini kemudian ditugaskan untuk masing-masing dari tujuh lapisan OSI. Setiap lapisan cukup mandiri, sehingga tugas yang diberikan kepada setiap lapisan dapat diimplementasikan secara independen. Hal ini memungkinkan solusi yang ditawarkan oleh satu lapisan diperbarui tanpa merugikan mempengaruhi lapisan lainnya. Rincian daftar berikut tujuh lapisan dari Interkoneksi Sistem Model OSI (Open) referensi:
Gambar 1-2 mengilustrasikan model tujuh lapisan referensi OSI.

Gambar 1-2: Model OSI berisi tujuh lapis referensi independen.


Karakteristik Lapisan OSI

Para tujuh lapisan dari model referensi OSI dapat dibagi menjadi dua kategori: lapisan atas dan lapisan bawah.
Lapisan atas dari model OSI berurusan dengan persoalan aplikasi dan umumnya hanya diimplementasikan dalam perangkat lunak. Lapisan tertinggi, aplikasi, adalah paling dekat ke pengguna akhir. Kedua pengguna dan aplikasi - lapisan proses berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang mengandung komponen komunikasi. Lapisan atas istilah adalah kadang-kadang digunakan untuk mengacu pada setiap lapisan di atas lapisan lain dalam model OSI.
Semakin rendah lapisan o f model OSI Data menangani masalah transportasi. Lapisan fisik dan data - link layer diimplementasikan dalam hardware dan software. Lapisan bawah yang lain umumnya hanya diimplementasikan dalam perangkat lunak. Lapisan terendah, lapisan fisik, paling dekat dengan media jaringan fisik (kabel jaringan, misalnya, dan bertanggung jawab untuk benar-benar menempatkan informasi pada media.
Gambar 1-3 menggambarkan pembagian antara atas dan bawah lapisan OSI.

Gambar 1-3: Dua set lapisan membentuk lapisan OSI.


Protokol

OSI Model menyediakan kerangka kerja konseptual untuk komunikasi antar komputer, tetapi model itu sendiri bukanlah metode komunikasi. Komunikasi yang sebenarnya dimungkinkan dengan menggunakan protokol komunikasi. Dalam konteks jaringan data, protokol adalah seperangkat aturan formal dan konvensi yang mengatur bagaimana komputer bertukar informasi melalui media jaringan. Sebuah protokol mengimplementasikan fungsi dari satu atau lebih dari lapisan OSI Berbagai macam protokol komunikasi ada, tapi semua cenderung untuk jatuh ke dalam salah satu kelompok berikut:. LAN protokol, protokol WAN, protokol jaringan, dan . protokol routing protokol LAN beroperasi pada fisik dan data -. link layer dari model OSI dan mendefinisikan komunikasi melalui berbagai media LAN protokol WAN beroperasi pada tiga lapisan terendah dari model OSI dan mendefinisikan komunikasi di atas area luas berbagai media Routing protokol adalah jaringan - lapisan. protokol yang bertanggung jawab untuk penentuan jalur dan switching lalu lintas. Akhirnya, protokol jaringan adalah berbagai lapisan atas protokol yang ada di suite protokol yang diberikan.

OSI Model dan Komunikasi Antara Sistem

Informasi yang ditransfer dari aplikasi perangkat lunak dalam satu sistem komputer untuk aplikasi perangkat lunak di lain harus melewati setiap lapisan OSI. Jika, misalnya, sebuah aplikasi perangkat lunak dalam Sistem A memiliki informasi untuk mengirimkan ke aplikasi perangkat lunak dalam Sistem B, program aplikasi dalam Sistem A akan menyampaikan informasi tersebut ke lapisan aplikasi (Layer 7) Sistem A. lapisan aplikasi kemudian melewati informasi ke lapisan presentasi (Layer 6), yang relay data ke lapisan sesi (Layer 5), dan begitu seterusnya sampai ke lapisan fisik (lapisan 1). Pada lapisan fisik, informasi tersebut ditempatkan pada media jaringan fisik dan dikirim melalui media untuk Sistem B. t lapisan fisik dari Sistem B menghapus informasi dari media fisik, dan kemudian lapisan fisik melewati informasi sampai ke data link layer (Layer 2), yang dibagikan ke lapisan jaringan (Layer 3), dan seterusnya sampai mencapai lapisan aplikasi (Layer 7) dari Sistem B. Akhirnya, t dia aplikasi lapisan Sistem B melewati informasi untuk program aplikasi penerima untuk menyelesaikan proses komunikasi.

Interaksi Antara Layer OSI Model

Lapisan diberikan dalam lapisan OSI umumnya berkomunikasi dengan tiga lapis OSI lainnya: lapisan langsung di atasnya, lapisan langsung di bawahnya, dan lapisan rekan-nya di lain sistem komputer jaringan. Data link layer dalam Sistem A, misalnya, berkomunikasi dengan lapisan jaringan Sistem A, lapisan fisik dari Sistem A, dan data link layer Sistem B. Gambar 1-4 mengilustrasikan contoh ini.

Gambar 1-4: Model OSI lapisan berkomunikasi dengan lapisan lainnya.


OSI Layer Layanan

Satu OSI lapisan berkomunikasi dengan lapisan lain untuk menggunakan layanan yang diberikan oleh lapisan kedua. Layanan yang diberikan oleh lapisan yang berdekatan membantu OSI lapisan berkomunikasi dengan lapisan yang diberikan rekan-nya dalam sistem komputer lainnya. Tiga elemen dasar yang terlibat dalam layanan lapisan: pengguna layanan, penyedia layanan, dan titik akses layanan (SAP).
Dalam konteks ini, pengguna jasa adalah lapisan OSI yang reques ts layanan dari lapisan OSI berdekatan. Operator selular adalah lapisan OSI yang menyediakan layanan kepada pengguna layanan lapisan OSI dapat memberikan layanan kepada pengguna layanan ganda.. SAP adalah lokasi konseptual di mana satu lapisan OSI dapat meminta layanan dari satu lapisan OSI.
Gambar 1-5 menggambarkan bagaimana ketiga unsur ini berinteraksi pada jaringan dan lapisan data link.

Gambar 1-5: Layanan pengguna, penyedia, dan SAPs berinteraksi di jaringan dan lapisan data link.


Model OSI Layer dan Pertukaran Informasi

Para tujuh lapisan OSI menggunakan berbagai bentuk informasi kontrol untuk berkomunikasi dengan lapisan rekan mereka dalam sistem komputer lainnya. Informasi kontrol terdiri dari permintaan dan instruksi khusus yang dipertukarkan antara lapisan rekan OSI.
Kontrol informasi biasanya mengambil salah satu dari dua bentuk: Header dan trailer. Header prepended untuk data yang telah diturunkan dari layers.Trailers atas yang ditambahkan ke data yang telah diturunkan dari lapisan atas. Lapisan OSI tidak diperlukan untuk melampirkan sebuah header atau trailer data dari lapisan atas.
Header, trailer, dan data adalah konsep relatif, tergantung pada lapisan es yang analyz unit informasi. Pada lapisan jaringan, sebuah unit informasi, misalnya, terdiri dari sebuah header layer 3 dan data. Pada data link layer, bagaimanapun, semua informasi yang diturunkan oleh lapisan jaringan (Layer 3 header dan data) diperlakukan sebagai data.
Dengan kata lain, bagian data dari unit informasi pada lapisan OSI diberikan berpotensi dapat berisi header, trailer, dan data dari semua lapisan yang lebih tinggi. Ini dikenal sebagai enkapsulasi. Gambar 1-6 menunjukkan bagaimana header dan data dari satu lapisan dikemas dalam ke header dari lapisan terendah berikutnya.

Gambar 1-6: judul dan data dapat encapsulated selama pertukaran informasi.


Proses Pertukaran Informasi

Informasi proses pertukaran terjadi antara lapisan rekan OSI. Setiap lapisan dalam informasi kontrol sistem sumber untuk menambah data dan setiap lapisan dalam sistem tujuan analyz es dan es menutup dan informasi kontrol dari data tersebut.
Jika Sistem A memiliki data dari aplikasi perangkat lunak untuk mengirim ke Sistem B, data tersebut akan diteruskan ke lapisan aplikasi. Lapisan aplikasi dalam Sistem A kemudian mengkomunikasikan informasi kontrol yang diperlukan oleh lapisan aplikasi dalam Sistem B dengan mengawali sebuah header ke data. Unit informasi yang dihasilkan (header dan data) akan diteruskan ke lapisan presentasi, yang menambahkan header sendiri yang berisi informasi kontrol dimaksudkan untuk lapisan presentasi dalam Sistem B. unit informasi tumbuh dalam ukuran sebagai setiap lapisan menambahkan header sendiri (dan dalam beberapa kasus trailer) yang mengandung s kontrol informasi untuk digunakan oleh lapisan rekan dalam Sistem B. Pada lapisan fisik, unit informasi seluruh ditempatkan ke media jaringan.
Lapisan fisik dalam Sistem B menerima informasi unit dan lolos ke data -. Link layer Data link layer dalam Sistem B kemudian membaca t dia mengontrol informasi yang terdapat di header prepended oleh data link layer dalam Sistem A. header ini kemudian dihapus, dan sisanya dari unit informasi akan diteruskan ke lapisan jaringan. Setiap lapisan melakukan tindakan yang sama: lapisan membaca header dari layer rekan-nya, strip it off, dan melewati sisa informasi unit ke lapisan tertinggi berikutnya. Setelah lapisan aplikasi melakukan tindakan ini, data tersebut akan dilewatkan ke penerima aplikasi perangkat lunak dalam Sistem B, persis dengan bentuk yang itu ditransmisikan oleh aplikasi dalam Sistem A.

Model OSI Physical Layer

Para lapisan fisik mendefinisikan spesifikasi listrik, mekanis, prosedural dan fungsional untuk mengaktifkan, mempertahankan, dan menonaktifkan hubungan fisik antara sistem jaringan berkomunikasi. Fisik spesifikasi lapisan mendefinisikan karakteristik seperti level tegangan, waktu perubahan tegangan, kecepatan data fisik, jarak transmisi maksimum, konektor dan fisik. Fisik - lapisan implementasi dapat dikategorikan sebagai baik LAN atau WAN spesifikasi. Gambar 1-7 menggambarkan beberapa LAN umum dan WAN fisik - lapisan implementasi.

Gambar 1-7: Fisik-lapisan implementasi dapat LAN atau WAN spesifikasi.


OSI Model Data-Link Layer

Para Data link layer menyediakan transit data yang handal di link jaringan fisik. Data yang berbeda Link spesifikasi lapisan mendefinisikan karakteristik yang berbeda jaringan dan protokol, termasuk menyikapi fisik, topologi jaringan, pemberitahuan kesalahan, urutan frame, dan flow control. Pengalamatan fisik (sebagai lawan dari pengalamatan jaringan) menentukan bagaimana perangkat tersebut ditujukan pada data link layer. Jaringan topologi terdiri dari data - spesifikasi link layer yang sering menentukan bagaimana perangkat yang secara fisik terhubung, misalnya di dalam bus atau topologi cincin. Kesalahan pemberitahuan peringatan atas s - lapisan protokol bahwa kesalahan transmisi telah terjadi, dan equencing s data frame menyusun ulang frame s yang ditularkan di luar urutan. Akhirnya, aliran kontrol moderat es transmisi data sehingga perangkat penerima tidak kewalahan dengan lalu lintas lebih dari itu dapat menangani pada satu waktu.
The Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) telah dibagi lagi data - link layer menjadi dua sub-lapisan: Logical Link Control (LLC) dan Media Access Control (MAC). Gambar 1-8 menggambarkan sub-lapisan IEEE data - link layer.

Gambar 1-8: Lapisan data link berisi dua sub-lapisan.


The Logical Link Control (LLC) Sublayer dari data - link layer mengatur komunikasi antar perangkat melalui link tunggal jaringan. LLC didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802.2 dan mendukung kedua layanan connectionless dan connection-oriented yang digunakan oleh protokol layer yang lebih tinggi. IEEE 802.2 mendefinisikan sejumlah bidang dalam data - link layer frame yang memungkinkan beberapa layer yang lebih tinggi protokol untuk berbagi link fisik tunggal data. Media Access Control (MAC) sublapisan data link layer protokol untuk mengelola akses media jaringan fisik. IEEE MAC spesifikasi mendefinisikan alamat MAC, yang memungkinkan beberapa perangkat untuk secara unik mengidentifikasi satu sama lain pada data link layer.

Model OSI Network Layer

Para lapisan jaringan menyediakan fungsi routing dan terkait yang memungkinkan beberapa link data untuk digabungkan ke dalam sebuah internetwork. Hal ini dilakukan dengan pengalamatan logis (sebagai lawan pengalamatan fisik) perangkat. Lapisan jaringan mendukung layanan connection-oriented dan connectionless dari layer yang lebih tinggi protokol. Jaringan - lapisan protokol routing protokol yang biasanya, tetapi jenis protokol diimplementasikan pada lapisan jaringan juga. Beberapa protokol routing yang umum termasuk Border Gateway Protocol (BGP), Internet interdomain routing protokol; Buka Shortest Path First (OSPF), sebuah link-state, interior protokol gateway dikembangkan untuk digunakan dalam jaringan TCP / IP, dan Routing Informasi Protocol (RIP) , sebuah routing Internet protokol yang menggunakan hop count sebagai metrik.

Model OSI Transport Layer

Para lapisan transport mengimplementasikan layanan yang handal internetwork transportasi data yang transparan ke lapisan atas. Transportasi - lapisan fungsi biasanya termasuk kontrol aliran, multiplexing, manajemen virtual circuit, dan memeriksa kesalahan dan pemulihan.
Flow control mengatur transmisi data antara perangkat sehingga perangkat transmisi tidak mengirim data lebih dari perangkat penerima dapat memproses. Multiplexing memungkinkan data dari beberapa aplikasi yang akan dikirim ke sebuah link fisik tunggal. Virtual circuit ditetapkan, dipertahankan, dan diakhiri oleh lapisan transport. Pengecekan error melibatkan menciptakan berbagai mekanisme untuk mendeteksi kesalahan transmisi, sementara pemulihan kesalahan melibatkan mengambil tindakan, seperti meminta data tersebut akan ditransmisikan ulang, untuk menyelesaikan setiap kesalahan yang terjadi.
Beberapa transportasi - implementasi lapisan termasuk Transmission Control Protocol, Protokol Nama Binding, dan transportasi OSI protokol. Transmission Control Protocol (TCP) adalah protokol dalam suite TCP / IP yang menyediakan transmisi data yang handal. \ Nama Binding Protocol (NBP) adalah protokol yang asosiasi AppleTalk nama dengan alamat. Transportasi yang OSI protokol adalah serangkaian protokol transport dalam OSI protokol suite.

Model OSI Session Layer

Para lapisan sesi membentuk, mengelola, dan mengakhiri sesi komunikasi antara entitas lapisan presentasi. Sesi komunikasi terdiri dari permintaan layanan dan tanggapan layanan yang terjadi antara aplikasi yang berlokasi di perangkat jaringan yang berbeda. Permintaan ini dan tanggapan yang dikoordinir oleh protokol diimplementasikan pada lapisan sesi. Beberapa contoh sesi - lapisan implementasi termasuk Zona Informasi Protocol (ZIP), protokol AppleTalk yang mengkoordinasikan proses nama mengikat; dan Session Control Protocol (SCP), yang DECnet Phase IV sesi - protokol lapisan.

Model OSI Presentation Layer

Para lapisan presentasi menyediakan berbagai fungsi coding dan konversi yang diterapkan ke data lapisan aplikasi. Fungsi ini memastikan bahwa informasi yang dikirim dari lapisan aplikasi dari satu sistem akan dapat dibaca oleh layer aplikasi dari sistem lain. Beberapa contoh presentasi - lapisan coding dan konversi skema umum termasuk format representasi data, konversi format representasi karakter, skema kompresi data umum, dan umum data skema enkripsi.
Format representasi data umum, atau penggunaan gambar standar, suara, dan format video, memungkinkan pertukaran data aplikasi antara berbagai jenis sistem komputer. Konversi skema digunakan untuk bertukar informasi dengan sistem dengan menggunakan teks yang berbeda dan representasi data, seperti data tandard skema kompresi EBCDIC dan ASCII. S memungkinkan data yang dikompresi pada sumber perangkat untuk menjadi benar didekompresi di tujuan. S tandard Data skema enkripsi memungkinkan data dienkripsi pada sumber perangkat yang akan diuraikan dengan benar di tempat tujuan.
Presentasi - lapisan implementasi biasanya tidak terkait dengan tumpukan protokol tertentu. Beberapa terkenal standar untuk video termasuk QuickTime dan Motion (MPEG). QuickTime adalah Apple Computer spesifikasi untuk video dan audio, dan MPEG adalah standar untuk kompresi video dan coding.
Di antara baik - dikenal format gambar grafis adalah Graphics Interchange Format (GIF), Joint Photographic Experts Group (JPEG), dan Tagged Image File Format (TIFF). GIF merupakan standar untuk compressi ng dan gambar grafis coding. JPEG adalah kompresi dan lain standar pengkodean untuk gambar grafis, dan TIFF adalah format pengkodean standar untuk gambar grafis.

Model OSI Application Layer

Aplikasi lapisan adalah lapisan OSI yang paling dekat dengan pengguna akhir, yang berarti bahwa baik aplikasi OSI layer dan pengguna berinteraksi langsung dengan aplikasi perangkat lunak.
Th adalah lapisan berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang mengimplementasikan komponen berkomunikasi. Program aplikasi tersebut berada di luar lingkup model OSI. Aplikasi - lapisan fungsi biasanya mencakup mitra komunikasi mengidentifikasi, menentukan ketersediaan sumber daya, dan komunikasi sinkronisasi.
Bila mengidentifikasi mitra komunikasi, layer aplikasi menentukan identitas dan ketersediaan mitra komunikasi untuk sebuah aplikasi dengan data untuk mengirim. Ketika menentukan ketersediaan sumber daya, lapisan aplikasi harus memutuskan apakah sumber daya jaringan yang cukup untuk komunikasi yang diminta ada. Dalam komunikasi sinkronisasi, semua komunikasi antara aplikasi membutuhkan kerjasama yang dikelola oleh lapisan aplikasi.
Dua jenis utama dari aplikasi - lapisan adalah implementasi TCP / IP dan aplikasi aplikasi OSI. Aplikasi TCP / IP adalah protokol, seperti l Telnet, File Transfer Protocol (FTP), dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), yang ada di suite Internet Protocol. Aplikasi OSI adalah protokol, seperti File Transfer, Access, dan Manajemen (FTAM), F Virtual Terminal Protocol (VTP), dan Protokol Manajemen Informasi umum (CMIP), yang ada di suite OSI.